berbagi yuuuk

Cara mendesain Pamplet produk yang efektif



Sebelum mendesain produk  kita harus tau terlebih dahulu produk apa yang kita mau dibuat, apakah produk minuman,sembako,  toko mas, toko baju atau salon, apa tujuannya kita harus  terlebih dahulu mengetahui itu? Ya! kita harus tau karena kalau kita tidak tau produk yang kita buat itu apa sama aja g ada artinya… maksud disini pesan yang ada pada pamplet/merk toko tidak sampai pada orang yang melihanya, bayangkan j bila kita buat pamplet atau merk toko tapi pesan yang ada  pada pamplet tidak dimengeti pada orang yang membacanya atau pun mengerti tp tidak jelas infonya orang jadi malas untuk datang.
                Baiklah saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendesain produk agar efisien.berikut penjelasanya :
1.       Konsep
Arti Warna
Kenapa konsepitu dianggap penting?y emang penting bukan diangap penting lagi bro…. hee.. Tanpa konsep sama aja omong kosong. Konsep adalah hal pertama yang harus terlebih dahulu kita utamakan sebelum mendesain. karena dengan konsep kita bisa tau apa yang mau kita buat, misal kita mau membuat toko emas berarti apa yang mau kita desain kita bisa tau apa aja yang harus kita tuangkan pesan dari isi pampplet tersebut tentunya dengan keinginan konsumen pengennya seperti apa isi informasi dari pamplet tersebut
2.       Ukuran
Mengetahui Ukuran sama pentingnya  seperti konsep, ibarat dua mata sisi logam yang tidak bisa dipisahkan.  Kebanyakan orang  mnganggap sepele masalah ukuran ini tp bagi orang desain ukuran adalah hal yang paling penting setelah konsep karena apa ? seandainya kita mendesain merk toko 3x1 trus pihak konsumen kepengin ukuran 2x80 otomatis kita harus desain ulang dan tentunya banyak waktu yang terbuang sia-sia, cape juga otak mikirnya, he…..jadi mengetahui ukuran pamplet atau merk toko itu penting.
3.       Warna
Warna sebagai termasuk dalam ranah nirmana. Terkadang pemakaian warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam typografi. Kemampuan penguasaan budaya dan warna sangat berpengaruh dalam menentukan sebuah warna dalam pemakaian ke dalam produk desain, oleh karenanya penguasan warna merupakan syarat penting untuk desainer pemula.
Gunakan warna yang kontras agar lebih kelihatan menonjol di banding lingkungan sekitarnya sehingga iklan Anda lebih menonjol dan menarik.

 Intinya kita harus pandai – pandai menyesuaikan pemilihan warna dengan apa yang kita desain Dengan kata lain kita harus sedikit banyak mengetahui arti – arti warna.
4.    Tata letak
Tata letak merupakan hal yang harus diperhatikan juga karena sangat berpengaruh dari pengaruh isi informasi pada produk tersebut, tujuan ini lain supaya mempermudah orang melihat dan mudah memahami isi dari produk tersebut.
5.    Pemilihan font

Dalam hal ini kita harus benar – benar memahami jenis font dan karakter font atau ilmu tipograpy. tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. dan juga perhatikan Buat ukuran font teks dan design yang mudah dibaca dalam jarak jauh sehingga pengendara dari jarak jauh bisa dengan mudah membaca iklan anda.
bersambung.......

Subscribe to receive free email updates: