berbagi yuuuk

MENGENAL CARA KERJA TOOL BOX PADA PHOTOSHOP




                Pada Program Photoshop didalamnya terdapat Tool Box yang berfungsi untuk mempermudah atau membantu dalam mengedit atau membuat objek suatu pekerjaan. Dan tool box biasa terletak disamping kiri canvas atau layar kerja.
                Berikut ini saya akan membahas dan mejelaskan fungsi dan kegunaan dari tool box satu demi satu agar anda bisa memahaminya dan dapat menggunakan tool box dengan maxsimal. Adapun tanda segitiga pada masing-masing tool box yang terletak dipojok kanan bawah menandakan masih ada tool yang lain didalammnya. Untuk melihatnya cukup klik Kiri + tahan, Tidak semua tool box mempunya tanda segitiga ini.


1.      Move Tool (V) : digunakan untuk memindahkan Suatu object & menyeleksi layer kerja
Cara Kerjanya : aktifkan terlebih dahulu move tool ini pada tool box atau tekan (V) pada keyboard. Arahkan move tool pada canvas atau layers kerja. klik kanan atau (pilih pada window layers) dan pilih objeck mana yang akan dipindahkan. Bisa juga untuk mengcopy atau menduplikat objeck ( tekal Alt + tekan klik kiri pada mouse dan Geser Object tersebut dengan otomatis object menjadi 2)
Kombinasi Penggunaan Move tool bias dilakukan saat perputaran objeck ( Tekan Ctrl untuk  menghasilkan Perputaran 45 Derajat )Pada window layer, move tool digunakan menyeleksi objek ( Tekan Ctrl + Klik Layer yang ada pilih)

2.      Marquee Tool (M)
Terdiri dari 4 Macam Tool Yaitu :
1. Rectanguler Marquee Tool (M) : Membuat area seleksi berupa segi 4 dengan sudut 90 derajat
2. Elliptical Marquww Tool (M) : Membuat area seleksi berbentuk lingkaran
3. Single Row Marquee Tool : Membuatk area seleksi berbentuk garis horizontal
4. Single Coloum Marquee Tool : Membuar area seleksi berbentuk garis vertikal
Cara kerjanya : Aktifkan terlebih dahulu Rectangular Marquee tool pada tool box atau tekan (M) pada keyboard. Setelah aktif arahkan  pada canvas atau layers kerja klik kiri tahan + geser, sesuaikan dengan keinginan kita pengen seperti apa kebutuhannya + Lepas klik kirinya. Agar terbentuk kotak persegi tekan terlebih dahulu Alt trus Shift.seteleh terbentuk dan kita kepingin ada efek feather ( Mengatur ketajaman sudut-sudut/pinggiran potongan) tekan menu select + Modify + Feather atau shift = F6 isi feather radius yang anda inginkan. Untuk Elliptical Marquww Tool (M) dll. penggunaan perintahnya kurang lebih sama seperti Rectanguler




3.      Lasso Tool (L)
Terdiri dari 3 macam tool, yaitu :

Lasso Tool : untuk membuat area seleksi bebas  sesuai dengan gerakan mouse
Polygonal Lasso Tool : untuk membuat area seleksi/garis lurus
Magnetic Lasso Tool : membuat area seleksi secara otomatis dilengketkan pada batas objek berdasarkan perbedaan warna tentunya sesuai gerakan mouse yang kita inginkan.
4.      Quick Selection Tool
Terdiri dari 2 Tool, Yaitu :
Quick Selection Tool : Membuat seleksi dengan cepat
Magic Want Tool : Berfungsi untuk membuat seleksi pada daerah yang memiliki kesamaan warna namun dapat diatur toleransinya pada option bar
5.      Croping dan Slice Tool
Croping tool terdiri dari 4 tool :
Croping Tool : digunakan untuk memotong secara persegi dan sejajar atau menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Tool ini biasa digunakan untuk membuat ukuran pasfoto atau memperbaiki gambar yang miring atau hasil scan yang miring
Perspektif Crop tool : untuk memotong dengan disesuaikan sudutnya, tidak mesti 90 derajat
Slice tool : untuk memotong gambar menjadi bagian-bagian kecil untuk disimpan sekaligus sesuai bagian yang kita buat. Slice tool ini memudahkan kita saat ingin memotong bagian-bagian tertentu pada gambar secara bersamaan.
Slice Select : untuk memilih potongan gambar jika kita masih ingin menggesernya
4.      Eyedropper Tool
Terdiri dari 4 Tool yaitu :
Eye Dropper Tool :  berfungsi untuk mengambil/memilih contoh warna pada objek/gambar dan menyimpannya di box warna.
Color Sampler Tool : Digunakan untuk menginformasikan atau mengetahui komposisi warna pada objek ataa gambar
Ruler Tool : digunakan untuk mengetahui atau mengukur objek pada gambar dan menginformasikan berapa jarak/panjang, sudut kemiringan, posisinya dalam koordinat, dsb.
Note Tool : Dipergunakan untuk membuat catatan pada gambar
5.      Brush and patch tool
Terdiri dari 5 macam tool, yaitu :
Spot Healing Brush Tool : digunakan untuk menghilangkan bagian tertentu dari gambar dengan cara menyesuaikan warnanya dengan sekitarnya. Cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan cacat dari gambar seperti jerawat atau goresan
Healing Brush Tool : berfungsi untuk mengcloning / menduplikat bagian tertentu sesuai gerakan Mouse
Pach Tool : berfungsi untuk menggantikan bagian yang diseleksi dengan bagian lain pada gambar yang kita pilih dengan bentuk yang sama persis.
Content Aware Move Tool : merupakan fasilitas terbaru di photoshop cs6 yang berfungsi untuk memindahkan objek kebagian lain dan secara otomatis menyesuaikan daerah tersebut dengan objek disekitarnya.
Red Eye Tool : digunakan untuk menghapus warna merah pada mata akibat refleksi cahaya
 

Subscribe to receive free email updates: