berbagi yuuuk

Hesti Wira Sakti YWBKH Kesehatan Angkatan Darat

Download
Kesehatan Angkatan Darat merupakan salah satu cabang teknis angkatan darat yang bertugas memberi pembinaan kesehatan bagi anggota angkatan darat meliputi Prajurit, PNS TNI AD, beserta keluarganya secara terus menerus dan  berkesinambungan agar didapat kondisi sehat fisik, Jiwa dan sosial yang berpengaruh pada kesiapan prajurit.
admin Berbagi logo  telah melampirkan logo atau lambang Kesehatan Angkatan Darat yang bertuliskan Hesti Wira Sakti yang tentunya hight quality. admin bagikan logo atau lambang kesad dalam bentuk format file type vektor, EPS, corel.

Adapun Arti dari Lambang Logo Kesad Hesti Wira Sakti  :
1. Kesad memilih sebagai lambangnya :

1. Daun Sambiloto.
2. Burung Garuda.
Dasar dari pemilihan tersebut adalah :
Sub.1. Daun Sambiloto dikenal umum dan banyak dipakai dalam ramuan obat-obatan asli.
Sub.2. Burung Garuda kita manunggalkan dengan SANG GARUDA RADJA SAMPATI, yang didalam hikayat RAMAYANA telah menyelamatkan/mengobati sepasukan penyelidik (Intel) dibawah pimpinan HANOMAN, SANG WANARA SETA atau SANG KERA PUTIH. Pasukan penyelidik tsb dalam menunaikan tugasnya menyelidiki nasib DEWI SINTA, istri RAMA yang telah oleh DASAMUKA. Pasukan HANOMAN diracun dan menjadi buta semuanya. Didalam melanjutkan perjalanannya dengan merayap-rayap menjelajahi hutan , untung mereka ketahuan SANG GARUDA RADJA SAMPATI. Sesudah SAMPATI mengenal pasukan HANOMAN sebagai pasukan kawan, maka diobatilah mereka semua itu hingga dapat melihat kembali, dan dapatlah HANOMAN menyelesaikan tugasnya dengan sukses. Komentar unsur-unsur obat dan pengobatan serta keprajuritan cukup terlukiskan adanya Kepribadian bangsa kita dapat perhatian penuh didalam menyusun PATAKA ini.
2. Penggambaran Lambang :

a. Tujuh helai daun sambiloto dibawa oleh SANG GARUDA diatas kepalanya sebagai Tunduk. Jumlah 7 sengaja untuk mengingatkan kita kepada SAPTA MARGA kita.
b. Garuda mengikat minat kita kepada PANCASILA, yang sekaligus mengingatkan kita juga kepada tahun 1945.
c. Bulu-bulu sayap kanan dan kiri masing-masing digambar 26 helai menunjukkan tanggal lahir KESAD.
d. Bulu ekor digambar 10 helai menunjukkan bulan Oktober hari lahir Kesad adalah 26 Oktober 1945 sesuai Skep Kepala Markas Besar Umum TKR di Yogyakarta No. 15 yang mengangkat Dr. SUHARDO sebagai Kepala Bagian Kesehatan tgl 26 Oktober 1945, telah disyahkan oleh Men/Pangad dengan No.Kep-716/6/1967 , tanggal 17 Juni 1967 sebagai ulang tahun Kesad.
3. Wajah Lengkap dari PATAKA :

Disulam diatas kain beludru maroon (merah lembayung) 7 helai daun Sambiloto diatas kepala Garuda, diapit oleh dua rangkaian dedaunan.
Ditengah atas bersinar BINTANG.
Dibawah tersurat SASANTI atau SEMBOYAN : HESTI WIRA SAKTI. Yang mengandung arti : MENGEJAR KEPERWIRAAN (mental) dan KESAKTIAN (fisik) pada tiap Prajurit , dengan Ridho Tuhan (bintang di atas).
4. Warna-warna :
Dasar adalah Maroon (merah lembayung) warna lazim dipakai di dunia kedokteran , ada sangkut pautnya dengan warna darah atau air kehidupan . Baik selagi ia didalam tubuh maupun selagi ia didalam botol transfusi.
JUMBAI : Kuning emas
BINTANG : Kuning emas
DAUN SAMBILOTO : Hijau
GARUDA : Kuning emas untuk sayap & ekor, putih perak untuk kepala dgn jleret merah diatas paruh.
PITA SURATAN : Hitam berpinggiran kuning emas.
HURUP SURATAN : Kuning Emas.
Dibalik Pataka adalah : SANG KARTIKA EKA PAKSI.
5. Tiang Pataka.

Dibuat dari kayu bulat panjang dengan garis tengah 4,5 m dan panjang 2,5 m.
Diatas dihias dengan bangunan yang berbentuk MAHKOTA.
Bangunan MAHKOTA tersusun dari :
  1. BUNGA WIDJAYA KUSUMA dibuat berkelopak 26 yang didalam hikayat pewayangan merupakan Azimat didalam tangan Dewa untuk mengobati /menghidupkan kembali , sekaligus menggambarkan tgl lahir KESAD.
  2. ULAR adalah lambang kedokteran /kesehatan yang tidak diganggu gugat. Ular bertumpuh diatas bokor yang digambari dengan 10 ekor burung Garuda.
  3. Bokor sebagai wadah dari obat-obatan. 10 Ekor Garuda mengingat pengertian bulan Oktober dan Garuda Pancasila atau tahun 1945.
  4. 7 helai daun Sambiloto sebagai alas . Dan bulatlah sudah bangunan Mahkota penghias tiang PATAKA.
  5. Lengkaplah Tiang PATAKA kita ini dengan :

SURJA-SANGKALA yang berbunyi : WISIKAN WOH WIWARA WONG
5 4 9 1
Yang berarti : NASEHAT BERTUJUAN MENGINGATKAN ORANG BERHASIL (Yang dituliskan / diukir pada leher tiang itu).

Subscribe to receive free email updates: